SELAMAT DATANG DI BLOG INI

IWANGE PUNYAAA

Cari Blog Ini

Sabtu, 04 Desember 2010

istilah biologi

EPIDEMIOLOGI=ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit atau masalah kesehatan serta faktor yang mempengaruhi kesehatan pada sekelompok manusia.
PATOGENESIS=perkembangan keadaan sakit atau penyakit atau peristiwa selular serta mekanisme patologis lainnya yang terjadi dalam perkembangan penyakit.
VIRULENSI=derajat patogenisitas mikroorganisme seperti yang ditunjukkan oleh beratnya penyakit yang dihasilkan dan kemampuannya untuk menginvasi jaringan hospes, secara lebih luas , kemampuan setiap agen infeksi untuk menimbulkan efek patologis.
ANTI GEN=substansi yang dapat menginduksi suatu respons imun spesifik dan bereaksi dengan produk-produk respons tersebut,yaitu,dengan anti bodi spesifik atau limfosit-limfosit T yang disensitisasi secara khusus, atau keduanya.
CLONE= keturunan yang identik secara secara genetis melalui reproduksi aseksual alamiah atau buatan dari organisme tunggal, sel, atau gen.
SALMONELLA=genus bakteri gram negatif.
DIPSTICK=suatu alat yang dugunakan untuk mengukur bahan cairan kimia.
TOKSO=kependekan dari toksoplasmosis.Toksoplasmosis (tokso) adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit sel tunggal toxoplasma gondii. Parasit hidup dalam organisme hidup lain (induknya) dan mengambil semua gizi dari induknya.
ORGANISME=makhluk hidup individual, baikhewan maupun tanaman.
FISIOLOGIST=ilmu mempelajari fungsi atau kerja tubuh manusia dalam keadaan normal.
PENYAKIT AUTO IMUN=timbul dari respon kekebalan terlalu aktif dari tubuh terhadap zat dan jaringan biasanya hadir dalam tubuh=. Dengan kata lain, tubuh justru menyerang sel sendiri.
HIPERSENSITIFITAS=keadaan perubahan reaktivitas dimana tubuh bereaksi dengan respons imun secara berlebihan terhadap bahan asing.
DEFISIENSI IMUN=ketiadaan atau kekurangan; kondisi yang ditandai jumlah imunitas yang kurang dari normal. Atau pasokan imun yang dihasilkan kurang berkompetensi.
IN VITRO=bahasa latin yang berarti dalam gelas/tabung gelas.yaitu proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita melainkan didalam tabung khusus.
IN SITU=pada tempat normalnya; terbatas pada tempat asal
IN VIVO =didalam tubuh hidup
IMMUNOGLOBULIN =protein hewan yang memiliki aktivitas anti bodi yang telah di ketahui, disintesis oleh limfosit dan sel plasma serta ditemukan dalam serum dan dalam cairan dan jaringan tubuh lainnya; disingkat Ig.
INHALASI=penarikan udara atau substansi lain kedalam paru-paru.
INJEKSI =tindakan memasukkan cairan kedalam bagian, misalnya kedalam jaringa subcutan percabangan vaskular, atau organ.
RESPON IMUN=respon tubuh berupa suatu urutan kejadian yang kompleks terhadap antigen, untuk mengeliminasi antigen tersebut.
MUKOSA =membran mukosa
INGESTI =tindakan memakan makanan , obat dan sebagainya melalui mulut.
ALERGEN=bahan-bahan yang dapat menyebabkan hipersensitivitas terhadap suatu alergi
ENZIM =sejenis protein yang bertindak sebagai mangkin organik yang dapat mengawal atur serta mempercepatkan tindak balas biokimia dalam sel.

METABOLISME=perubahan-perubahan kimiawi yang terjadi dalam tubuh untuk pelaksanaan berbagai fungsi vital.
ANABOLISME =setiap proses konstruktif dimana substansi sederhana diubah oleh sel hidup menjadi persenyawaan yang lebih kompleks.
KATABOLISME= serangkaian reaksi yang merupakan proses pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana
PROTEIN= suatu zat dalam susunan kimianya mengandung unsur-unsur oksigen, karbon, hydrogen, nitrogen, dan kadang-kadang mengandung unsur-unsur lain seperti sulfur dan fosfor.
GLIKOPROTEIN=suatu protein yang mengandung rantai oligosakarida yang mengikat glikan dengan ikatan kovalen pada rantai polipeptida bagian samping. Struktur ini memainkan beberapa peran penting di antaranya dalam proses proteksi imunologis, pembekuan darah, pengenalan sel-sel, serta interaksi dengan bahan kimia lain.
ATOPIK= kelainan dengan dasar genetik yang ditandai oleh kecenderungan individu untukmembentuk antibodi berupa imunoglobulin E (IgE) spesifik bila berhadapan dengan alergen yang umum dijumpai, serta kecenderungan untuk mendapatkan penyakit-penyakit asma, rhinitis alergika dan DA, serta beberapa bentuk urtikaria.
BCG=preparat yang digunakan sebagai agen imunisasi aktif terhadap tuberculosis dan pada terapi imuno kanker khususnya melanoma ganas.
ANTI BODI=molekul imuno globulin yang bereaksi dengan anti gen spesifik yang menginduksi sintesisnya dan dengan molekul yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar